Rabu, 09 Januari 2019

Another Sleepless Night

Oke. Dari judulnya aja mungkin kalian udah bisa nebak postingan ini tentang apa. Yup benar sekali, insomnia. Postingan kali ini aku tulis untuk mengisi 'waktu luang' ku di saat insomnia kembali menghampiri. Ga kaget sebenernya, karena 4 jam yang lalu aku baru aja minum kopi di sebuah coffeeshop di Banjarmasin, namanya Hello Coffee Co dan memesan salah satu signature mereka yaitu "Magic". Ternyata kopi ini emang 'magic' karena bisa bikin aku terjaga sampai detik ini tanpa rasa ngantuk sedikit pun.

Baik, kita lanjut bahas hal yang berhubungan dengan judul. Insomnia. Mungkin temen-temen pernah ngerasain apa itu insomnia, di mana diri kalian terjaga hingga dini hari bahkan ga tidur semalaman tanpa rasa kantuk sedikit pun. Bagi aku pribadi, penyebab insomnia yang kadang melandaku ada dua, yaitu karena sengaja begadang atau karena efek minum kopi. Dan kali ini, penyebabnya adalah poin kedua, efek minum kopi. Aku ga tau, kenapa efek kopi begitu terasa di diri aku, ntah itu memang efek alamiahnya atau mungkin karena sugesti secara tidak langsung yang aku tanam ke diri aku sendiri. I don't know.

Sebenernya insomnia bukanlah hal yang asing bagiku, aku biasa menyebut diriku sendiri sebagai "night thinker" karena entah mengapa otakku selalu bekerja pesat di saat malam hari, kerjanya pun bisa positif bisa juga negatif. Positifnya seperti menemukan ide-ide baru, atau dapat 'ilham' untuk menyelesaikan suatu hal yang sulit atau belum selesai aku kerjakan di siang hari. Sedangkan negatifnya adalah, terkadang sosok "night thinker" bisa berubah menjadi sosok yang overthinking terhadap segala hal. Dari hal yang kecil hingga besar. Hampir semuanya dipikirin. Dari yang penting sampai yang sepele sedikitpun. Padahal, alangkah baiknya otak kita bekerja untuk memikirkan sesuatu yang penting dan bermanfaat. Bukan sebaliknya.

Namun, karena kondisi itulah yang akhirnya memaksaku berbuat sesuatu, kira-kira apa aja yang bisa aku lakukan untuk menjauhkan overthinking ku tersebut. Dan salah satu jawabannya adalah dengan membaca atau menulis. Daripada ngabisin waktu berdiam diri dengan pikiran yang ga jelas ujungnya. Mending nulis atau membaca. Seperti yang aku lakuin sekarang, nulis apapun yang ada dipikiran aku. Berbagi cerita atau hanya sekedar agar membuat mata kembali mengantuk. Pokoknya tulis atau baca. Pilih salah satu. Usahakan tulisan dan bacaannya adalah topik yang bermanfaat. Yaa walaupun kali ini tulisanku 'agak kurang bermanfaat' tapi gapapa lah ya sekali-kali. Hehe

Ngomong-ngomong tentang menulis, aku sebenarnya bukan orang yang suka menulis kisah atau artikel. Aku lebih suka menulis puisi atau sajak. Yang terkadang aku posting di sosial media atau sekedar di simpan sebagai koleksi pribadi.
Dan kali ini, ntah kenapa aku tertarik untuk menuliskan ceritaku yang menurutku kurang penting di blog yang sudah berdebu ini. Maafin ya para pembaca. Tapi percayalah, tulisan ini adalah bukti usahaku untuk membuat mataku mengantuk. Jujur, saat ini aku ingin sekali tidur dan istirahat :")

Pada akhirnya, ikhtiar sudah dilakukan. Hingga tulisan ini berakhir, mata ini ternyata masih setia untuk tetap menatap dunia.
Dan rasa kantuk, sepertinya sedang enggan untuk menghampiriku malam ini. Tak apalah, silakan kamu jalan-jalan dulu, silakan nanti kembali. Tapi tolong jangan datang di pagi hari :") karena aku tak ingin tidur di saat sinar mentari mulai menyinari bumi.

Cielahhhhhh bahasanya.
Maafkan, doakan aku bisa kembali terlelap ya, walau sebentar asal jiwa ragaku bisa istirahat :")

Sekian.

Tidak ada komentar:

Surat #7

Teruntuk Kamu yang Telah Ia Datangkan, Hai, salam kenal. Semoga do'a-do'a kita di-amin-kan segera oleh penduduk langit. Sampai berju...